Senin, 21 Februari 2011

Cara menghadapi masalah

Ada beberapa rahasia yang di miliki seorang wanita untuk mengatasi stress. Pada umumnya wanita seringkali mengalami tingkat stress yang berlebihan, namun jika wanita mengetahui rahasi untuk mengatasi kecenderungan stress itu dapat di atasi dengan beberapa rahasia berikut:
Apa yach rahasianya??

Menetapkan prioritas, mengorganisir, dan membuat daftar rencana
Mementingkan hal-hal yang lebih penting, memprioritaskan yang lebih utama.
hidup terkontrol adalah bagian paling penting dalam manajemen stress
Tetapkan prioritas yang harus dikerjakan daripada mengerjakan semua hal begitu saja, yang belum tentu jelas manfaatnya untuk jangka panjang.

Bagaimana caranya memperoleh perasaan ‘semuanya telah terkontrol’?
Sternberg mengusulkan untuk membuat daftar rencana : “sangat baik memecah masalah apapun menjadi masalah yang lebih kecil dan lebih mudah dipecahkan, sehingga tidak terlalu membebani kita. Membuat daftar rencana, lalu memberi tanda check list pada yang telah dikerjakan, dapat memberi rasa percaya diri karena berarti kita telah bertindak”

Anda merasa terlalu “tidak rapi” ?? Mulailah dengan cara yang mudah : tulis sesuatu yang telah Anda kerjakan, lalu coret atau contreng!!

Bila masalah terlalu berat, curhatlah pada teman
Tubuh Wanita dan pria memiliki respon berbeda terhadap kondisi gawat, demikian penelitian Universitas California mengungkapkan. Karena perbedaan hormon, pria cenderung bersikap “tabrak atau lari” dalam menghadapi masalah, sementara wanita cenderung mengatasi stress dengan mencari lawan bicara atau teman untuk mendengarkan. Jadi, bersosialisasilah.

Bekerja dengan optimis
Percayalah atau tidak, pikiran menarik kejadian-kejadian dalam hidup kita (remember “The Secret” J). Berpikir negatif dan cemas berlebihan hanya membuahkan kejadian menakutkan yang kita pikirkan. Kalau kita punya bawaan negatif thinking, coba belokkan pikiran jelek itu menjadi positif. Misalnya seperti ini :

“Tidak cukup waktu untuk mengerjakan semuanya hari ini”

Diubah menjadi : “semua yang aku perlukan akan datang dan hanya menunggu waktu saja”

“Semuanya berubah terlalu cepat, sulit aku ikuti”

Diubah menjadi : “saya fleksibel, dan perubahan cepat memberi saya banyak inspirasi dan energi”

“Aku takut semua akan berjalan di luar kendali”

Diubah menjadi : “yang cepat itu memudahkan, dan aku siap untuk cepat tumbuh!”

Tidak Menunda-Nunda
Tentu saja, karena menunda-nunda berarti Read the rest of this entry »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar